Tauhid, Tafsir, Hadits, Tasawuf, Fiqih, Hukum, Dakwah, Komunikasi, Sosial, Sains, Trending Topic

Saturday 12 November 2016

Hikmah Ziarah Kubur

Hikmah Ziarah Kubur

Setiap amal shalih, di samping berpahala dengan mengerjakannya, dia juga akan mendapatkan hikmah dari amal shalihnya itu. Maksud utama ziarah kubur itu yaitu untuk mendo’akan ahli kubur  supaya mendapatkan ampunan dan rahmat dari Allah, kita juga setidaknya akan mendapatkan hikmah ziarah kubur, diantaranya yang terkandung dalam ziarah kubur :

1. Mengingatkan Akan Alam Akhirat

Dengan ziarah kubur, kita meyakinkan bahwa jiwa raga ini bukan milik kita, kehidupan di dunia ini hanya sesaat, dan yang pasti semua yang bernyawa akan merasakan sakaratul maut dan jasad ini terkubur di kehidapan alam barzah. Bahwa kelak di alam akhirat manusia yang telah mati akan dibangunkan (dihidupkan) kembali oleh Allah swt. Untuk menerima keadilan dan balasan atas segala amal perbuatannya semasa hidup di alam dunia. Istiqomah dalam beribadah sehingga rajin beramal shalih pasti pahala yang dia dapatkan, namun sebaliknya ketika maksiat yang sering kita lakukan menutupi amal shalih yang diharapkan maka Allah memberikan dia siksaan atas dosa yang dilakukan semasa hidupnya.

Semua amal manusia tidak akan tertinggal di dunia, setiap kedipan mata, hiruupan nafas, gerak perbuatan semuanya tercatat oleh petugas Allah yang tidak lengah dari kita. Sekalipun melakukan amal shalih yang tidak terlihat oleh manusia yang lain, amal shalih itu tercatat oleh Malaikat.

Oleh sebab itu, hikmah ziarah kubur yang pertama ini kita memperbanyak minta ampunan Allah karena kita yakin lebig sering maksiat daripada ibadah dan tidak ada yang mampu mengampuni dosa kita hanya Allah yang maha kuasa. Kita juga lebih hati-hati dalam bertindak, lebih hati-hati dalam beraktifitas, setelah mengingat bahwa kubur yang selalu menenti kita, dunia hanyalah ladang amal bagi kita supaya memperoleh bekal menuju ridho-Nya Allah swt.

2. Supaya Semangat Berzuhud Dari Dunia

Zuhud terhadap dunia yaitu meninggalkan kenikmatan dunia untuk beribadah kepada Allah swt.

Artinya orang jangan sampai terpikat hati dan pikirannya dengan tipu muslihat dunia, tetapi dapat menggunakan dan menyalurkan harta benda yang diperolehnya dengan jalan yang halal untuk kepentingan amal-amal shalih yang di ridhoi Allah swt

Semua orang tahu bahwa untuk mendapatkan kesenangan dunia kuncinya memiliki harta benda yang banyak, dengan begitu terpenuhi semua keinginan kita selama di dunia. Semua orang juga tahu dan faham bahwa harta benda atau kekayaan yang kita miliki selama di dunia tidak akan dibawa mati, malahan semuanya itu akan dipertanggung jawabkan kegunaannya ketika di dunia.

Belum tentu kekayaan itu akan dipergunakan oleh ahli warisnya untuk amal kebajikan, juga belum tentu pula kekayaan itu akan dipergunakan untuk kejelekan, amal maksiat. Yang jelas penggunaannya tergantung ahli waris kita, sedang kita hanya bisa melihat dari barzah kekayaan yang kita miliki dipergunakan oleh ahli waris kita.


Hikmah Ziarah Kubur

Oleh karena itu, hikmah ziarah kubur yang kedua ini kita lebih mengutamakan dulu Allah dari kepentingan dunia yang lainnya, supaya setiap perjuangan kita di dunia ini dicatat oleh Allah swt sebagai amal yang shalih, kekayaan yang kita miliki dipergunakan sebagaimana yng kita harapkan yaitu kekayaan yang dapat menyalamatkan kita di dunia dan akhirat, bukan kekayaan yang menjerumuskan kita kepada lupa akhirat sehingga neraka yang didapat.

3. Untuk Diambil Suri Tauladan

Ada tiga perkara yang Allah swt rahasiakan kepada kita mengenai kematian, yaitu :

1. Waktu kematian, kapan malaikat Ijrail mencabut nyawa kita, semuanya tidak ada yang mengetahuinya

2. Cara kematian, harapan kita ketika dicabut nyawa dengan cara yang baik, dalam keadaan yang baik pula,namun itu semua kita tidak mengatahui bagaimana cara Allah mencabut nyawa kita.

3. Tempat kematian, tidak ada satu orangpun yang mengetahui dimana kita akan mati, di tempat layak kah, atau di tempat yang tidak layak, semua itu hanya Allah yang tahu.

Dengan begitu kita selalu waspada dalam kehidupan, lebih istiqomah menjauhi tempat kemaksiatan, lebih banyak melakukan kebaikan dana mal shalih. Tentu semua itu tidak lain untuk menyelamatkan kita di dunia bahkan di akhirat, banyak menyebarkan kebaikan kepada orang lain akan menjalin persaudaraan yang baik. Sehingga ketika kita meninggalkan mereka, kebaikan yang pernah kita lakukan masih dikenang oleh mereka.

Oleh sebab itu, kita ziarah kubur kepada orang tua, para wali, para syuhada, para pahlawan mengingatkan kita kepada kebaikan mereka selama hidup di dunia yang semestinya kita tiru, supaya ketika kita di alam barzah banyak mendapatkan do’a seperti mereka yang kita ziarahi kuburnya. Semoga hikmah ziarah kubur dapat kita raih, supaya lebih meningkatkan semangat beramal shalih dan lebih giat meninggalkan kemaksiatan.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Hikmah Ziarah Kubur

0 komentar:

Post a Comment