Tauhid, Tafsir, Hadits, Tasawuf, Fiqih, Hukum, Dakwah, Komunikasi, Sosial, Sains, Trending Topic

Monday 21 November 2016

Keutamaan Berwudhu Menurut Kesehatan

Salah satu ajaran agama Islam adalah berwudhu. Perbuatan tersebut atau berwudhu merupakan ibadah yang banyak mendatangkan manfaat dan pahala. Perbuatan berwudhu itu memang seolah sederhana, ringkas, dan mudah dilalkukan, tetapi di dalamnya mengandung banyak keutamaan. Wudhu tidak sekedar menjadi syarat sahnya shalat, tetapi juga penghapus kesalahan yang dilakukan oleh manusia. Dalam hal ini Sahabat Utsman bin ‘Affan radiyallahu ‘anhu berkata, bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda,

لَايَتَوَضَّأُ رَجُلٌ فَيُحْسِنُ وُضُوءَهُ ثُمَّ يُصَلِّى الْصَّلاَةَ إِلَّا غُفِرَلَهُ مَابَيْنَهُ وَبَيْنَ الصَّلاَةِالَّتِى تَلِيْهَا

Tidaklah seseorang berwudhu, lalu membaguskan wudhunya, lalu mendirikan shalat, kecuali diampuni dosa antara dia dan shalat yang mengiringi

Sedemikian besar keutamaan berwudhu, sangat disayangkan jika wudhu tidak kita kerjakan dengan sempurna. Apalagi, pada tiap-tiap gerakan wudhu terkandung hikmah yang menakjubkan. Wudhu apabila ditinjau dari sisi kesehatan, bukan saja membersihkan tubuh, tetapi juga dapat menyehatkan kulit serta dapat merangsang kerja alat-alat pencernaan dalam pertukaran zat.


Para pakar kesehatan menjelaskan bahwa ketika membasuh telapak tangan saat berwudhu, sesungguhnya seseorang sedang mencegah agar tidak terjangkit penyakit, seperti hepatitis A. membasuh telapak tangan juga dapat merefleksikan diri, karena di telapak tangan terdapat banyak titik yang dapat menguntungkan bagi keesehatan.


Keutamaan Berwudhu Menurut Kesehatan

Ketika berkumur, seseorang sedang membersihkan mulut dari bau yang tidak sedap, dan itu dapat membuat dia lebih percaya diri. Keutamaan berkumur-kumur dalam bersuci adalah dapat membersihkan rongga mulut dari penularan penyakit. Sisa makanan yang mengendap atau tersangkut dalam sela gigi yang jika tidak dibersihkan akan menjadi mediasi pertumbuhan kuman. Dengan berkumur-kumur ketika berwudhu secara baik dan benar, hal itu dapat mencegah dari infeksi gigi dan mulut.


Membasuh hidung saat berwudhu, yaitu dengan cara menghirup (istinsyaq) dan mengeluarkan air dari hidung (istinsar), maka semua kotoran dan kuman penyakit yang ada dapat dicegah masuk ke dalam tubuh serta dapat mempermudah proses pernapasan. Hal ini karena hidung merupakan tempat yang banyak mengandung kotoran, karena setiap bernapas, semua kotoran yang terhirup disaring di hidung. Selain itu, dengan sering melakukan istinsyaq dan istinsar ketika berwudhu, seseorang dapat terhindar dari flu, dan kalaupun terserang, pasti akan segera sembuh, karena kuman atau virus yang ada akan segera hilang dari lubang hidung.


Kemudian ketika membasuh wajah, hal itu dapat mengurangi depresi, sekaligus membuat wajah terasa lebih segar dan sehat. Tidak hanya itu saja, membasuh wajah saat berwudhu juga dapat mencegah penuaan dini dan membantu kulit untuk bernapas. Kulit yang sebelumnya masih tertutup oleh debu atau make up, dapat dibersihkan dengan membasuh wajah sehingga kulit dapat bernapas lagi dengan tidak tersumbat oleh debu dan make up.


Ketika berwudhu membasuh tangan sampai siku, hal ini dapat membuang energy buruk yang ada di dalam tubuh melalui ujung jari yang dialiri air. Pada tangan sampai siku juga terdapat titik akupuntur yang menyembuhkan penyakit pada dada, paru-patu, tenggorokan, lambung, jantung dan organ gerak bagian atas. Titik-titik yang dapat menghilangkan rasa cemas pun terdapat pada bagian ini.


Kemudian mengusap kepala saat berwudhu, dapat menjernihkan pikiran yang sedang mumet,ingatan menjadi tajam, rambut tidak cepat rontok, dan terhindar dari penyakit pikun. Hal ini dikarenakan pada dahi terdapat titik-titik yang berhubungan dengan otak dan syaraf manusia.


Ketika membasuh telinga saat berwudhu, terkandung hikmah dapat merangsang titik pendengaran dan keseimbangan, serta dapat membersihkan kotoran kotoran yang menempel dilekukan-lekukan telinga.


Sedangkan dengan membasuh kaki saat berwudhu, dapat menghiangkan unsur-unsur kimia dari kulit luar dan mencegah terjangkiti penyakit kanker. Cahaya matahari yang mengandung sinar ultraviolet mempunyai dampak burut bagi kulit, yaitu dapat menciptakan kanker kulit, namun sinar ini akan menimpa organ-organ tubuh luar. Dengan berwudhu, kulit luar menjadi selalu basah dan sel-sel lapisan dalam kulit dapat terhindar dari sengatan sinar yang membahayakan tubuh.

Semua hikmah yang terkandung dalam berwudhu bisa kita dapatkan dengan melakukan wudhu yang baik dan benar, membaguskan wudhu sebagaimana sabda Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wasallam di atas. Semoga amaliah ibadah kita yang diawali dengan berwudhu diterima oleh Allah dan mendapatkan hikmah kesehatan bagi kita. Aamiin 

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Keutamaan Berwudhu Menurut Kesehatan

0 komentar:

Post a Comment